Lembar Epiosde 16
Jum’at, 12 Agustus 2016 – Jika
kemarin mengajar di kelas 3 dipenuhi oleh anak-anak yang akatif bahkan ada yang
hiper aktif, tapi kali ini berbeda, saya memasuki kelas 2 SD dengan beragam
siswa, sebagian besar aktif memang jika sayanya yang aktif, jika tidak maka
mereka lebih banyak diam.
Hari ini mengajar di kelas 2 SD
ditemani oleh Marsya, dan Annisa pun ada di kelas tetapi sedang menyiapkan
bahan untuk mengajar di kelas 4.
Saya dan Marsya membuka kelas
dengan perkenalan, selanjutnya kami berkolaborasi membagi waktu dalam mengajar.
Butuh waktu yang agak lama untuk beradaptasi di kelas ini. Kesabaran menjadi
kunci termudahkannya segala hal.
Pembelajaran di kelas 2 ini
tidak seaktif ketika di kelas 3 kemarin. Pembelajaran berlangsung secara
natural dan tentunya untuk memnuhi kebutuhan siswa. Ada sebagian anak yang
belum bisa membaca, belum bisa menulis dan susah sekali menghafal. Dengan
reward setidaknya dapat menyemangati mereka untuk terus belajar lagi dan lagi,
tapi tidak menuntut.
Saya dan Marsya dibantu pula
oleh Annisa mencoba mengetes anak-anak membaca satu persatu secara bergiliran
ke depan kelas. Yang pertama dilakukan adalah menyuruh anak-anak untuk menulis
kemudian membawa bukunya ke depan dan membaca tulisannya sendiri. Ada lancar
dan ada yang masih kaku. Mungkin masih dalam proses pertumbuhan sehingga
membutuhkan waktu untuk menaiki tangga lebih cepat.
Insya Allah masih dalam tahap
perkembangan anak-anak bisa menerima ilmu yang dibeikan oleh guru dan
diterapkannya.
Pembelajaran diakhiri dengan
sebuah permainan, lagi-lagi permainan. Anak-anak bergemuruh semangat.
Saya menggunakan metode talking
stick, metode ini termasuk ke dalam metode pembelajaran untuk mengevaluasi
siswa. Caranya dengan memutar stick atau spidol kepada siswa dengan mengalihkan
kepada siswa lain. Seru. Ramai. Antusias. Pemutaran spidol diiringi dengan
sholawat, ketika saya mengatakan stop maka spidol tersebut harus berhenti di
tangan siswa dan siswa yang memgang spidol tersebut maju ke depan kelas dan
menjawab sebuah pertanyaan. Hehe, begitu sampai 5 kali berulang.
Demikian, hari ini cukup
menyenangkan dan mampu membuat siswa semangat dalam belajar. :-)
Komentar
Posting Komentar