Lembar Epiosde 16



Jum’at, 12 Agustus 2016 – Jika kemarin mengajar di kelas 3 dipenuhi oleh anak-anak yang akatif bahkan ada yang hiper aktif, tapi kali ini berbeda, saya memasuki kelas 2 SD dengan beragam siswa, sebagian besar aktif memang jika sayanya yang aktif, jika tidak maka mereka lebih banyak diam.
Hari ini mengajar di kelas 2 SD ditemani oleh Marsya, dan Annisa pun ada di kelas tetapi sedang menyiapkan bahan untuk mengajar di kelas 4.

Saya dan Marsya membuka kelas dengan perkenalan, selanjutnya kami berkolaborasi membagi waktu dalam mengajar. Butuh waktu yang agak lama untuk beradaptasi di kelas ini. Kesabaran menjadi kunci termudahkannya segala hal. 

Pembelajaran di kelas 2 ini tidak seaktif ketika di kelas 3 kemarin. Pembelajaran berlangsung secara natural dan tentunya untuk memnuhi kebutuhan siswa. Ada sebagian anak yang belum bisa membaca, belum bisa menulis dan susah sekali menghafal. Dengan reward setidaknya dapat menyemangati mereka untuk terus belajar lagi dan lagi, tapi tidak menuntut.

Saya dan Marsya dibantu pula oleh Annisa mencoba mengetes anak-anak membaca satu persatu secara bergiliran ke depan kelas. Yang pertama dilakukan adalah menyuruh anak-anak untuk menulis kemudian membawa bukunya ke depan dan membaca tulisannya sendiri. Ada lancar dan ada yang masih kaku. Mungkin masih dalam proses pertumbuhan sehingga membutuhkan waktu untuk menaiki tangga lebih cepat.

Insya Allah masih dalam tahap perkembangan anak-anak bisa menerima ilmu yang dibeikan oleh guru dan diterapkannya.

Pembelajaran diakhiri dengan sebuah permainan, lagi-lagi permainan. Anak-anak bergemuruh semangat. 

Saya menggunakan metode talking stick, metode ini termasuk ke dalam metode pembelajaran untuk mengevaluasi siswa. Caranya dengan memutar stick atau spidol kepada siswa dengan mengalihkan kepada siswa lain. Seru. Ramai. Antusias. Pemutaran spidol diiringi dengan sholawat, ketika saya mengatakan stop maka spidol tersebut harus berhenti di tangan siswa dan siswa yang memgang spidol tersebut maju ke depan kelas dan menjawab sebuah pertanyaan. Hehe, begitu sampai 5 kali berulang.

Demikian, hari ini cukup menyenangkan dan mampu membuat siswa semangat dalam belajar. :-)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dialog Nabi Muhammad SAW dengan Malaikat Izrail

Lembaga-Lembaga (Institusi) Pendidikan Islam Pra-Kebangkitan Madrasah

Cerpen 5 Paragraf